Breaking News

Pelayanan Kelurahan Cimuning Terbaik di Kecamatan Mustikajaya

Bekasibusiness.com – Kinerja aparatur pemerintah Kelurahan Cimuning mendapat penilaian terbaik dalam hal tertib administrasi dan pelayanan publik. Sayangnya, prestasi kerja ini tidak didukung kondisi kantor kelurahan yang terlihat memprihatinkan.
Camat Mustikajaya, Nadih Arifien, M.Si, saat menerima kunjungan Tim Penilai Lomba Kelurahan Tingkat Kota Bekasi di Kelurahan Cimuning, Jumat (04/04/2014), menjelaskan tahun ini, Kelurahan Cimuning mewakili Kecamatan Mustikajaya untuk mengikuti penilaian kinerja aparatur pemerintahan yang digelar rutin ini.
“Sesuai penilaian yang kami lakukan, Kelurahan Cimuning memiliki catatan administrasi yang lebih tertib, dan pelayanan publik yang memuaskan masyarakat. Begitu juga dengan geliat pembangunan yang berjalan. Namun, kantor kelurahan justru luput dari kegiatan pembangunan, sehingga sampai kini belum mendapat kegiatan rehab,” papar Nadih.
Sementara itu, Ketua Tim Penilai yang juga Staf Ahli Bidang Pemerintahan Kota Bekasi, Abdillah Hamka, menerangkan penilaian Lomba Kelurahan merupakan sarana untuk untuk mengevaluasi sejauh mana keberhasilan pembangunan yang sudah terlaksana di tingkat kelurahan dengan mengacu tingkat swadaya atau partisipasi masyarakat. “Selain itu juga untuk mengetahui hasil evaluasi dan pembinaan kinerja pemerintahan terkait pelayanan publik dan untuk mendorrong percepatan pembangunan wilayah, meningktan peran kelurahan sebagai motivator dan katalisatir kegiatan pemerintahan,” ulasnya.
Lebih lanjut Abdillah menyebutkan beberapa indikator penilaian, yakni tertib administrasi, pembangunan, kesehatan, pendidikan, ekonomi dan daya beli, serta ketentraman dan ketertiban masyarakat. “Seluruh indikator ini saling berkaitan terhadap kinerja pemerintahan dalam hal pelayanan publik,” tegasnya.
Usai kegiatan, Lurah Cimuning, Usman Sifirman, mengungkapkan harapannya agar dapat melanjutkan kegiatan ini di tingkat Provinsi Jawa Barat. “Bahkan, jika perlu hingga tingkat nasional,” ujarnya.
Usman juga menyatakan pihaknya sudah mempersiapkan upaya terbaiknya untuk memenuhi seluruh indikator penilaian. “Persiapan yang kami lakukan berkat pembinaan yang kami dapat dari pihak kecamatan dan dukungan dari seluruh pihak kelurahan serta masyarakat,” ungkapnya.
Beberapa lokasi yang menjadi produk unggulan di wilayah Cimuning yang layak dikunjungi tim penilai, diantaranya Posyandu dan PAUD di RW 20, usaha rumahan produki boneka di RW 03, serta kantor sekretariat bersama untuk BKM, LPM dan Karang Taruna yang baru berdiri,” ulasnya. (gis)

Tidak ada komentar